Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/JanjI Kades Terpilih Masa Bakti 2022-2028, Samuel Pj. Bupati Landak :Kades Harus Mempedomani Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku

SOROT POST – Landak, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak Heri Saman, menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Kepala Desa Terpilih Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022 di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak Masa Bakti 2022-2028 yang dilantik oleh Pj. Bupati Landak Samuel. Rabu, (19/10/2022)

Acara berlangsung di Halaman Kantor Bupati Landak. Turut hadir Pj. Bupati Kab. Landak Samuel, Forkopimda Kab. Landak, Ketua Komisi A DPRD Kab. Landak Cahyatanus, Ketua DAD Kab. Landak yang diwakili oleh Ketua Komisi C DPRD Kab. Landak Margareta, Anggota DPRD Kab. Landak Junis, Asisten di Lingkungan Sekretariat Daerah Kab. Landak, Staf Ahli Bupati, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Landak, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Landak, Ketua Dhama Wanita Persatuan Kab. Landak, Camat Se-Kabupaten Landak, Para Kepala Bagian, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Landak Samuel, sampaikan bahwa dengan Pelantikan Kepala Desa serentak pada hari ini, Ia berharap kepada seluruh masyarakat desa yang hadir pada hari ini untuk mendukung dan berperan aktif, dalam seluruh program pemerintah desa sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku, menberikan sumbangan pikiran yang membangun serta berperan aktif dalam pembangunan masyarakat desa dan pembangunan desa disegala bidang.

“Seorang Kepala Desa, harus mengedepankan azas-azas kepatutan, dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan, serta sudah tentu harus mempedomani peraturan perundang-undangan yang berlaku.” Ujar Pj. Bupati Landak Samuel.

Samuel berharap kepada Kepala Desa yang baru dilantik hari ini, diharapkan untuk memperhatikan hal sebagai berikut: Kepala Desa harus mampu mengelola dan memanfaatkan keuangan desa, secara baik, termasuk tepat waktu, dalam menyampaikan laporan realisasi dan pertanggungjawaban keuangan, diserta dengan transparansi dalam pengelolaan keuangan desa tersebut.

“Hal ini, menjadi titik berat penekanan saya mengingat besarnya dana yang diberikan untuk desa. Oleh karenanya, Kepala Desa perlu meningkatkan kemampuan, ketapatan, ketelitiab, serta membutuhkan suatu pertimbangan melalui proses berpikir yang mendalam terhadap berbagai aspek sosial kemasyarakatan, dalam menentukan arah kebijakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.” Imbuh Samuel.

Samuel menjelaskan dalam Tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kepala Desa adalah seorang Pamong Desa, yang bertugas sebagai abdi masyarakat, dengan membimbing dan mengarahkan masyarakat desa, guna menciptakan suatu keteraturan dan keseimbangan dalam lingkup masyarakat desa, dan seorang kepala desa harus peka terhadap kondisi sosial masyarakat, serta dalam kondisi apapun harus mampu mengambil kebijakan, atau keputusan yang cepat dan tepat serta dengan arif dan bijaksana.

“Dengan kata lain, Kepala Desa harus mampu menetralisir keadaan, dengan harapan, komunikasi antara para pihak, dapat berjalan baik dan kepentingan umum tetap terpenuhi untuk itu, saya mintakan kepada Kepala Desa yang baru dilantik supaya mau dan segera meningkatkan kemampuan atau keahlian personal, disegala bidang secara cepat maupun berkala, serta berkelanjutan dan terus menerus.” Ujar Samuel.

Pj. Bupati Landak Samuel, berpesan kepada Kepala Desa yang baru dilantik, supaya bina hubungan yang dengan masyarakat, supaya bina hubungan yang baik dengan Badan Permusyawaratan Desa, dan supaya bina hubungan yang baik dengan Pemerintah Kecamatan, serta supaya membina hubungan yang baik dengan pemerintah di atasnya.

“Saya minta, supaya saudara Kepala Desa harus selalu lakukan koordinasi dan konsultasi dengan camat, dan dalam setiap kegiatan kemasyarakat ditingkat desa supaya selalu berkoordinasi dan libatkan camat. Selanjutnya, supaya lebih proaktif dalam berkoordinas dengan pemerintah di atasnya dengan cara koordinasi dan konsultasi terhadap berbagai hal, terlebih hal-hal yang menyangkut penyelenggaraan pemerintahan desa dan pengelolaan keuangan desa.” Pesan Pj. Bupati Landak Samuel.

Pj. Bupati Landak Samuel, mengucapakan selamat kepada Kepala Desa yang baru dilantik. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa menyertai dan memberkati dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, selaku Kepala Desa. (yohanes)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.