Janggal Kios Pupuk Bersubsidi wilayah Kuala Behe Dan Serimbu Berada Di Ngabang, Dinas Terkait Belum Respon

Landak (SOROT POST) -Pupuk bersubsidi khusus zona Kecamatan Kuala Behe dan Kecamatan serimbu tempat distributornya atau kios resminya berada didaerah Ngabang dipertanyakan oleh Kades Sunge Keli Anwar yang hendak mau beli pupuk.


Anwar saat menyampaikan tentang penyaluran dan tepat pupuk bersubsidi di media sorotpost.id pada kamis (15/4/21) siang,  ada kejanggalan lantaran Tempat Distribusi zona pupuk bersubsidi wilayah Kecamatan Serimbu dan kuala Behe berada di daerah Kecamatan Ngabang dusun hilir tengah II, Desa Hilir Tengah Kabupaten Landak.
“Tadi singah ke tempat nya (gudang kios pupuk bersubsidi) ,  karna tempat nya itu jarang sekali di buka selalu dan tutup pintu gudangnya,  kecuali ada yang ambil pupuk,  kebetulan tadi ada yang ambil pupuk jadi aku singah juga sekalian bertanya mau beli pupuk juga,  pemilik pupuk tersebut bilang tidak  jual lagi pupuk bersubsidinya karna sudah ada yang punya, Dari kecamatan serimbo, dan saya  tanya kalau jatah untuk kecamatan serimbo,  kenapa tempat nya ke Ngabang, mestinya keserimbo juga tempat distributornya,” papar Anwar.


Anwar Menilai ada kejanggalan tentang penyaluran pupuk bersubsidi yang gudang distribusinya diwilayah Ngabang.
“Selaku petani mestinya pupuk bersubsidi ada ke pasaran,”harap Anwar.
Pupuk bersubsidi adalah pupuk yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari Pemerintah untuk kebutuhan petani yang dilaksanakan atas dasar program Pemerintah.
Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional sangat diperlukan adanya dukungan penyediaan pupuk yang memenuhi prinsip 6 tepat yaitu : jenis, jumlah,harga, tempat, waktu dan mutu. Untuk membantu petani dalam mendapatkan pupuk dengan harga yang terjangkau, Pemerintah memandang perlu menyediakan subsidi pupuk. Dengan adanya keterbatasan Pemerintah dalam penyediaan subsidi pupuk dalam rangka program pemerintah, maka pupuk bersubsidi hanya diperuntukan bagi usaha pertanian yang meliputi Petani Tanaman Pangan, Peternakan dan Perkebunan Rakyat.
Untuk memperjelas seperti apa penyaluran dan lokasi tempat distributor Pupuk bersubsidi dikabupaten Landak secara khusus diwilayah kecamatan serimbu dan kuala behe, Kepala Dinas pertanian Kabupaten Landak belum merespon saat media ini konfirmasi melalui Via Whatapp. (yhs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.