Focus Group Discussion Polres Landak bahas pencegahan dan penanganan Karhutla

Landak (SOROT POST)- Polres Landak laksanakan Fokus Group Discussion (FGD) dalam rangka Mencari Akar Masalah dan Solusi Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Landak bertempat di Resto Citra Melodi Dusun Tungkul, Desa. Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak. Kamis(25/3/2021)

Kegiatan di hadiri oleh Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa, Dandim 1201/Mempawah yang di wakili oleh Danramil Ngabang Kapten Inf. B. Rusiyanto, Camat Ngabang, Camat Jelimpo, Camat Sengah Temila, Kapolsek Ngabang, Kapolsek Sengah Temila, Bhabinkamtibmas, Perwakilan Kepala Desa, Perwakilan Tokoh Masyarakat, Perwakilan dari Pemadam Api dan Perwakilan dari Perkebunan Kabupaten Landak.

Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Landak memiliki lahan perkebunan yang cukup luas dan kebanyakan lahan gambut.

“Dengan kondisi lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas di Kabupaten Landak dapat berpotensi bagi oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuka lahan dengan cara di bakar dan ini dapat memicu terjadinya kebakaran lahan.” Ucap AKBP Ade

“Saat ini Polres Landak telah melaksanakan giat Operasi Bina Karuna tahap pertama yang di mulai dari awal Maret 2021 yang bertujuan untuk mensosialisasikan tata cara membuka lahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.” tambah nya

Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa menyampaikan perlu adanya kerjasama antara Pemerintah Daerah, TNI/POLRI serta seluruh elemen terkait untuk memberikan pemahaman mengenai Karhutla.

“Perlu kerjasama yang baik Pemerintah Daerah, TNI/POLRI serta elemen masyarakat untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait tata cara membuka lahan yang baik” Ujar Bupati

Bupati Landak juga berpesan kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Landak untuk dapat membantu masyarakat yang lahannya berbatasan dengan perusahaan.

“Diharapkan juga peran serta pihak perusahaan yang mana pasti lahan nya berbatasan dengan lahan masyarakat untuk bersama-sama menjaga agar tidak terjadi Karhutla” imbuh Bupati

Usai sambutan Kapolres Landak dan Bupati Landak di lanjutkan dengan penyampaian materi dari BPBD Kabupaten Landak, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Landak serta Kasat Reskrim Polres Landak dan selama kegiatan Focus Group Discussion tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penulis : Unggul

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.