Dua Titik Api Muncul Di 2 Kecamatan, TNI Datangi Lokasi

Landak ( SOROT POST-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya titik api di Kecamatan Mandor dan Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak pada Kamis (3/12/2020) pagi. Personil Kodim 1201 mendatangi lokasi untuk memadamkan api.

“Untuk titik api di Mandor, kita bersama kepolisian, Manggala Agni dan masyarakat langsung ke lokasi begitu menerima data dari BMKG,” kata Danramil Mandor Kapten CZI Joko Umbaran.

Ia menyebutkan, lokasi lahan yang terbakar berada di Desa Kayu Ara. Areal yang terbakar lebih kurang 0,7 hektare. “Lahan tersebut milik Shd, warga Desa Pongok,” imbuhnya.

Pemilik lahan, ungkap Kapten Joko sudah dimintai keterangan. Dari pengakuannya, lanjut dia, lahan tersebut akan dipergunakan untuk bercocok tanam.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, karena bisa mengakibatkan lapisan organik menghilang dan lahan gambut akan musnah,” imbaunya.

Sementara untuk titik api di Kecamatan Mempawah Hulu, menurut Komandan Kodim 1201 Letkol Inf. Dwi Agung Prihanto berada di Desa Parigi.

“Luas lahan yang terbakar lebih kurang 0,8 hektare,” ujar Dandim.

Ia mengatakan jajarannya sudah mengimbau mangajak petani untuk membuka lahan tanpa bakar. Kodim 1201, disampaikannya, siap pula untuk memberi pendampingan dan edukasi bagi petani yang akan membuka lahan tanpa bakar.

“Pendampingan dan edukasi dari kami bisa menjadi daya dukung bagi petani untuk merubah kebiasaan dari ladang berpindah menjadi menetap,” ujarnya. (Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.