Tes Swab Perangkat Desa Ampera Raya Deteksi Covid-19

Kubu Raya (SOROT POST) -Sebanyak 9 perangkat Desa Ampera Raya Kecamatan Sungai Ambawang Kabuaten Kubu Raya Kalimantan Barat melakukan test Swab sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan perkantoran, Rabu (07/10). Test Swab digelar untuk Kades, Sekdes, Kadus, Kaur dan Kasi yang berhubungan atau berinteraksi langsung dengan masyarakat.


Kepala Desa Ampera Raya Junaidi Raja, mengatakan Swab yang dilakukan merupakan program kerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Kubu Raya melalui Puskesmas Sungai Ambawang guna menekan angka penyebaran Covid-19. Terlebih ranah tugas dan fungsi Pemdes Ampera Raya sebagian besar berinteraksi dengan warga.
“Sampai sekarang kita terus optimalkan antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 dilingkungan kami. Salah satunya dengan Swab langsung,” ujar Junaidi Raja.
Lebih jauh Junaidi Raja, menuturkan sebelumnya ada tiga perangkatnya yang telah melakukan rapid tes dengan hasil negatif covid-19. Pihaknya juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan di kantor desa serta pada fasilitas umum seperti sekolah dan rumah ibadah.
“Alhamdulillah pelaksanaan tes swab ini berjalan lancar. Semua perangkat desa yang ada secara sadar melakukan swab karena ingin menunjukan bahwa dirinya memang benar-benar sehat dalam melayani administrasi masyarakat setiap hari,” ujarnya.
Pihaknya juga terus memberikan himbauan agar semua perangkat dan warga masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan baik untuk diri sendiri dan saat berada dilingkungan kantor. Antara lain dengan memakai masker, rajin mencuci tangan dan juga jangan lupa untuk istirahat dengan cukup.
Sementara itu Ketua Tim pemerikssa dari Puskesmas Sungai Ambawang Dr. Ledwina, digelarnya pemeriksaan swab ini untuk menjamin suspect covid -19 diwilayah kerjanya dengan turun langsung ke desa-desa. Harapannya upaya ini dapat mendeteksi masyarakat yang terpapar Covid-19 sehingga langsung dapat tindakan penyembuhan. “Dalam hal ini kami berterima kasih kepada Kepala Desa Ampera Raya beserta jajaranya yang telah membantu program deteksi Covid-19 di wilayah Sungai Ambawang. Semoga kita semua dalam kondisi yang sehat dan terhindar dari virus yang mematikan tersebut,” pungkasnya. (kli)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.