Cegah Abrasi Sungai, Masyarakat Desa Sempatung Laksanakan Kerja Gotong Royong

Sempatung (SOROT POST) -masyarakat Dusun Kuang Desa Sempatung Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak berbondong-bondong Laki-laki dan perempuan melakukan kegiatan gotong royong memasang bronjong kawat dan batu susun untuk mencegah abrasi sungai unjak.
Kegiatan gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sempatung adalah merupakan kearifan lokal dari turun temurun hingga saat ini yang terus masyarakat setempat lestarikan. “kegiatan gotong royong yang selama ini kami lakukan adalah bentuk kearifan lokal yang terus dilakukan, ” Ungkap Timotius Kades Sempatung saat dihubungi 26 mei 2020 lalu.
Kampong Dusun kuang Desa Sempatung yang sangat asri dimana pemukiman warganya dikelilingi pegunungan yang tinggi dan banyak tempat wisata yang perlu kunjungi banyak wisata perlu punya nyali tinggi untuk menempuh Desa sempatung tersebut.
Untuk mengatisipasi terjadinya tanah lonsor dipinggiran sungai, Kades Sempatung mengalokasikan dana desa untuk memasang kawat bronjong dan batu susun yang nantinya dikerjakan gotong royong sesuai musyawarah dan mupakat masyarakat Dusun Kuang.
“Kebersamaan gotong royong adalah bentuk partisifasi aktif keterlibatan masyarakat didalam mendukung kegiatan pembangunan desa, tampa melihat latar belakang atau status sosial masyarakat. Karna besar atau kecil kegiatan pembangunan yang ada, kami selalu mengawali dengan musyawarah terlebih dahulu kegiatan, “tutur Timotius.
Dengan harapan, supaya kearifan lokal yang positif seperti ini harus terus dilestarikan dan tingkatkan demi untuk desa membangun yang lebih baik, harap kades Sempatung. (nes)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.